SELAMAT DATANG SAUDARAKU. SEMAKIN KITA BERBAGI, SEMAKIN BANYAK BAGIAN KITA

Tuesday, June 18, 2013

ONS.10n: Aplikasi Pengolah Nilai Hasil Belajar Satu Semester


Pencapaian tujuan pendidikan nasional seperti tertuang dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 berbunyi “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab” tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, di antarnya adalah derasnya arus globalisasi di segala bidang kehidupan. Globalisasi sebagai dampak dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengakibatkan perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Perubahan yang paling cepat dirasakan adalah perubahan ekonomi dan pengetahuan.

Selanjuntnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat tersebut saat ini sudah tidak bisa ditawar lagi, khusunya dalam dunia pendidikan. Sehubungan dengan itu, Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru menyatakan bahwa guru sebagai tenaga profesional, harus mampu mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan TIK. Satu di antara pemanfatan TIK tersebut adalah pengolahan nilai hasil belajar. Peraturan pemerintah No.20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan dinyatakan bahwa penilaian yang harus diberikan oleh guru meliputi penilaian dari hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Pengolahan nilai hasil belajar ini tentu saja akan menyita waktu jika dilakukan dengan cara manual. Misalnya pengolahan nilai hasil ulangan harian, mulai dari mengoreksi jawaban siswa, menghitung skor sampai kepada analisis hasil belajar untuk bahan remedial dan pengayaan atau analisis butir soal untuk keperluan bank soal. Belum mengolah hasil ulangan-ulangan lainnya, bahkan belum untuk hasil belajar siswa untuk kelas-kelas lainnya. Selanjutnya pada akhir semester, guru kembali disibukkan untuk mengolah nilai hasil belajar untuk keperluan pengisian buku Rapor. Mengingat banyaknya tugas guru ini akhirnya banyak guru mengambil jalan pintas dalam pengolahan nilai hasil belajar, di antaranya pemberian nilai “tembak”, yakni pemberian nilai dengan cara asal tanpa memperhatiakn hasil belajar siswa. Tentu saja akan sangat merugikan siswa.

Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, pemanfaatan TIK khususnya aplikasi Microsoft Office Excell dapat dijadikan salah satu jalan keluarnya. Penulis mencoba berinovasi memanfaatkan aplikasi ini dalam mengolah nilai hasil belajar selama satu semester. Dengan aplikasi ini tugas guru menghitung, menganalisis bahkan mengoreksi hasil ulangan dapat digantikan oleh komputer tanpa harus membeli scanner misalnya. Tugas guru hanya memasukkan data jawaban siswa, selanjutnya daftar nilai yang kita inginkan siap dicetak.

Banyak aplikasi serupa hasil karya guru tersebar di internet, namun kadang-kadang kurang sesuai kebutuhan kita. Misalnya format tabelnya tidak sesuai ketentuan yang diminta atau kita perlu menambah atau mengurangi jumlah siswa namun tak dapat dilakukan. Untuk ini penulis mencoba membuat aplikasi sederhana yang dapat diubah oleh guru sesuai keperluan. Sederhana, karena sesuai dengan keterbatasan pengetahuan dan pemahaman penulis dalam dunia TIK. Aplikasi ini penulis beri nama “ONS.10n”, yaitu singkatan dari Pengolahan Nilai Satu Semester. Tambahan “10n”, hanya sekedar inisial yang merupakan nama panggilan penulis yang dibaca “ion”. Tujuan penambahan “10n” adalah untuk membedakan dengan karya-karya lain yang serupa.

Tujuan Pembuatan Karya Inovasi

Membantu guru dalam mengolah nilai hasil belajar selama satu semester, yang pada akhirnya akan membantu tugas administrasi sekolah khususnya dalam pengolahan nilai selama satu semester.

Manfaat pembuatan karya inovasi

Kaya inovatif berupa aplikasi pengolahan nilai ini diharapkan bermanfaat: Bagi siswa, memotivasi untuk lebih giat belajar karena hasil ulangannya lebih cepat diketahui hasilnya karena sang guru memanfaatkan TIK dalam mengolah nilai, sedangkan bagi Guru, untuk menambah wawasasan dan pengalaman guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam memanfaatkan MS Excell dalam pengolahan nilai dan bagi sekolah, sebagai sumbangan yang bermanfaat dan berguna dalam rangka menata administrasi sekolah khususnya dalam pengolahan nilai hasil belajar di SMP Negeri 1 Tanjung Raja.

Aplikasi ONS.10n, adalah aplikasi MS Excell untuk mengolah nilai hasil belajar selama masa satu semester yang disetting secara terpadu. Masing-masing jenis blangko penilaian terhubung secara terpadu ke dalam blangko Daftar Nilai. Artinya saat guru mengisi daftar nilai tugas, PR, Analisis Hasil Belajar Ulangan Harian berserta Program Perbaikan dan Pengayaannya, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Semester maka hasil pengolahan nilai-nilai tersebut langsung masuk Daftar Nilai dan diproses menjadi Nilai Rapor. Dengan demikian guru tidak lagi direpotkan dengan koreksian hasil ulangan (khusus Pilihan Ganda) dan pengolahan nilainya seperti menghitung jumlah, rata-rata, jumlah siswa tuntas bahkan menganalisis butir soalnya. Tugas ini sudah digantikan oleh Komputer, sehingga pada akhir semester guru siap mencetak Daftar Nilainya dan dapat mengerjakan pekerjaan lainya.

Aplikasi ini hanya digunakan untuk satu kelas satu mata pelajaran selama satu semester. Untuk kelas lain diperoleh dengan meng-copy aplikasi dan kemudian mengisi kembali sesuai data kelas masing-masing. Jadi ada aplikasi untuk kelas IX.1, aplikasi untuk kelas IX.2, aplikasi kelas IX.3, dan seterusnya.



Kelebihan Aplikasi ONS.10n adalah mudah digunakan, karena menggunakan aplikasi MS Excell yang sudah dikenal umum, mudah difahami, karena menggunakan fungsi-fungsi dasar MS Excell, tidak menggunakan fungsi-fungsi yang rumit seperti macro atau visual basic, terpadu, artinya setiap pekerjaan yang dilakukan seperti mengoreksi hasil ulangan harian, langsung terhubung ke Daftar Nilai tanpa perlu memindahkan data atau menghitung rata-rata dan sebagainya, tidak diproteksi sehingga rumus-rumus fungsi MS Excell yang digunakan dapat dipelajari, diperbaiki dan terbuka untuk dikembangkan sendiri oleh guru pengguna sesuai kebutuhan, gratis, tidak dikomersilkan, artinya setiap guru atau pengguna bebas memilikinya tanpa perlu membayar sepeserpun, Sedangkan kelemahan aplikasi ONS.10n ini di antaranya adalah Tidak diproteksi, sehingga berpotensi terhapus, berubah fungsinya atau tidak berfungsi sama sekali jika digunakan oleh pemula dan belum lengkap dan tidak canggih, karena masih dalam tahap pengembangan.



Bagi teman-teman guru yang berminat, silahkan download disini. Bila sudah mencoba, mohon kritik dan sarannya untuk perbaikan ke depan. Salam sejahtera untuk kita semua...

(Marion,2013)

No comments:

Post a Comment