SELAMAT DATANG SAUDARAKU. SEMAKIN KITA BERBAGI, SEMAKIN BANYAK BAGIAN KITA

Wednesday, January 1, 2014

MENANAMKAN KARAKTER LEWAT LAGU


(Sebuah Video Pembelajaran Karakter)
Email:  marion70@mail.go.id

Pendidikan Karakter sangat mendesak untuk dilakukan dalam proses pembelajaran. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk itu. Satu di antaranya adalah menanamkan karakter melalui lagu. Sehubungan dengan ini penulis sebagai praktisi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama mencoba berkreasi menanamkan karakter pada siswa yang diasuh dengan menggubah sebuah lagu mars kelas. Dalam hal ini adalah mars kelas IX.3 SMP Negeri 1 Tanjung Raja, Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Lagu ini diadaptasi dari  lagu anak-anak yang sudah melegenda, yaitu lagu Menanam Jagung. Maksud adaptasi di sini adalah mengubah syairnya, disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara lirik lagu tidak diubah sama sekali. Syair lagu ini berisi ajakan kepada semua warga kelas  untuk membiasakan kebiasaan-kebiasaan atau karakter positif dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter yang hendak ditanamkan dari lagu ini adalah Santun, Menjaga Martabat, Amanah, Respek (Peduli) dan Takwa. Karakter-karakter ini merupakan kepanjangan dari akronim "SMART". Smart merupakan motto siswa kelas IX.3 yang penulis asuh. Kelima karakter ini diupayakan senantiasa mewarnai kehidupan siswa kelas IX.3 yang salah satunya ditanamkan lewat lagu mars ini.

Syair lagu Mars IX.3 ini selengkapnya adalah:

Ayo kawan kita bersama
Jaga martabat di kelas kita
Sembilan Tiga SMART siswanya
Sembilan Tiga Kebanggaan kita semua

Santun, Takwa, Bermartabat
Menjaga Amanah, dan peduli
Santun, Takwa, Bermartabat
Menjaga Amanah, dan peduli

Sembilan Tigaa....SMART, Yess !!

 

Lagu Mars ini silahkan didownload digunakan sesuai kebutuhan namun mohon tetap dituliskan sumber aslinya demi memelihara hak cipta untuk berkreatifitas. Semoga bermanfaat. (Marion-2013)

No comments:

Post a Comment